Pengawasan Tempat Pengelolaan Makanan (TPM) Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 04:05 | Dibaca : 2936 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 26 Juli 2018 04:49
Pengawasan TPM Pengawasan TPM dok. Puskesmas Bakunase

Rumah makan/restoran, jasa boga/catering dan Industri makanan adalah setiap tempat usaha komersil yang lengkap kegiatannya menyediakan makanan dan minuman untuk umum di tempat usahanya. Hygiene sanitasi makanan adalah upaya untuk mengendalikan faktor makanan, orang, tempat dan perlengkapan yang dapat atau mungkin dapat menimbulkan penyakit atau gangguan kesehatan.


Pengawasan sanitasi makanan pada Rumah makan/restoran, jasa boga/catering dan Industri makanan, adalah pemantauan secara terus menerus terhadap Rumah makan/restoran, jasa boga/catering dan Industri makanan atas perkembangan tindakan atau kegiatan atau persyaratan sanitasi makanan dan keadaan yang terdapat setelah usaha tindak lanjut dari pemeriksaan.

Pemeriksaan merupakan usaha melihat dan menyaksikan secara langsung serta menilai tentang keadaan, tindakan atau kegiatan yang dilakukan serta memberikan petunjuk / saran perbaikan.

Kegiatan pengawasan sanitasi makanan meliputi pendataan tempat pengelolaan makanan, pemeriksaan berkala, memberi saran perbaikan, melakukan kunjungan kembali, memberi peringatan dan rekomendasi kepada pihak terkait serta laporan hasil pengawasan. (RAYM)

Rini Muskanan

Sanitarian di Puskesmas Bakunase dan sebagai Pengelola Sistim Informasi Kesehatan (SIK) dan Pengelola Survelens di Puskesmas Bakunase, 

puskbks.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.