Sosialisasi Deteksi Dini gangguan Jiwa Featured

Ditulis Oleh | Sabtu, 25 Mei 2019 02:18 | Dibaca : 183 Kali
sosialisasi gangguan jiwa sosialisasi gangguan jiwa Puskesmas Bakunase

Gangguan Jiwa tidak terbatas pada psikotik atau yang kita kenal sebagai gila.


Banyak macam gangguan jiwa ringan yang jika tidak segera diterapi menjadi berat dan mengancam nyawa. Biasanya gangguan itu bermanifestasi sebagai gangguan fisik maka dari itu perlu memiliki bekal agar mampu mengenali gangguan jiwa yang melatarbelakangi keluhan pasien

Sosialisasi Deteksi Dini Gangguan Jiwa merupakan program dari Bidang Kesga (Kesehatan Keluarga) Dinas Kesehatan Kota Kupang bekerja sama dengan RSIA Dedari untuk mendatangkan dokter spesialis Kesehatan Jiwa ke Puskesmas.

Kegiatan ditujukan bagi Tenaga Kesehatan di Puskesmas untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman serta perhatian terhadap kondisi psikologis sehingga bisa menghindari dan menanggulangi akan terjadinya gangguan jiwa (mental), baik dari diri sendiri maupun orang lain.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Aula UPT Puskesmas Bakunase  pada hari Selasa, 21 Mei 2019 Pukul 12.00 hingga selesai.

Dr. D. A. P. Shinta Widari, SpKJ. MRS mengungkapkan bahwa berdasarkan ilmu kejiwaan, terdapat tiga faktor penyebab gangguan jiwa. Pertama, faktor biologi yang melibatkan genetik dan aspek keturunan. Kedua, adanya masalah yang terjadi pada neurotransmitter seseorang.

Ini sudah bawaan dari lahir dan mewarisi penyakit akibat faktor genetik. Sehingga membuatnya lebih mudah terpapar depresi sampai akhirnya mengalami gangguan jiwa berat. Contoh kasus, mereka yang mengalami kepribadian imatur (tidak matang).

Ketiga, masalah lingkungan, bagaimana pasien tersebut mengalami tekanan luar biasa baik dari lingkungan keluarga, pekerjaan, atau sosial. Seluruh faktor tersebut berhubungan dan menyebabkan stres yang dapat terakumulasi menjadi sebuah gangguan jiwa baik bersifat neurotik atau psikotik.

Ada beragam keluhan yang dirasakan pasien gangguan jiwa, di antaranya susah tidur, kadang sedih, tidak mau makan, ketakutan, putus asa, sampai hal yang ekstrem dengan melakukan percobaan bunuh diri. Jadi, apa bila anda mengalami hal demikian, segera periksakan diri anda ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut

Rini Muskanan

Sanitarian di Puskesmas Bakunase dan sebagai Pengelola Sistim Informasi Kesehatan (SIK) dan Pengelola Survelens di Puskesmas Bakunase, 

puskbks.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.